Kurikulum SDN Banjarsari
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
PENGERTIAN
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan
pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan
sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan
pendidikan tertentu.
KTSP atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah kurikulum operasional
yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Kurikulum
terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan
kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan, dan silabus.
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata
pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar,
materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi
waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar
kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan
pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
1.2.
DASAR PENYUSUNAN
1.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun
2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
3.
Standar Isi
SI mencangkup lingkup materi dan tingkat
kompetensi untuk mencangkup kompetensi lulusan pada jenjang dan jenis
pendidikan tertentu. Termasuk dalam SI adalah : Kerangka dasar dan struktur
kurikulum,Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar setiap mata pelajaran
pada setiap semester dari setiap jenis jenjang pendidikan dasar dan menengah.SI
ditetapkan dengan KEPMENDIKNAS No. 22 Tahun 2006.
4.
Sandar Kompetensi Lulusan
SKL merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang
mencangkup sikap,pengetahuan dan keterampilan sebagaimana yang ditetapkan
dengan KEPMENDIKNAS No. 23 Tahun 2006.
1.3.
TUJUAN PENYUSUNAN
Tujuan Panduan penyusunan Kurikulum ini untuk
menjadi acuan bagi satuan pendidikan SD dalam penyusunan dan pengembangan
Kurikulum yang akan dilaksanakan pada tingkat satuan pendidikan yang
bersangkutan.
1.4.
PRINSIP-PRINSIP PENYUSUNAN KURIKULUM
Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum tingkat Satuan pendidikan
KTSP dikembangkan sesuai dengan relevansinya oleh setiap kelompok atau
satuan pendidikan di bawah koordinasi dan supervisi dinas pendidikan atau
kantor departemen Agama kabupaten/kota untuk pendidkan dasar dan provinsi untuk
pendididkan menengah.Pengembangan KTSP mengacu pada SI dan SKL dan berpedoman
pada panduan penyusunan kurikulum yang disusun olh BSNP, serta memperhatikan
pertimbangan komite sekolah/madrasah.penyusunan KTSP untuk pendidikan khusus
dikoordinasi dan disupervisi oleh dinas pendidikan provinsi, dan berpedoman
pada SI dan SKL serta panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BNSP.
KTSP dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut :
1.
Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan
kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
2.
Beragam dan terpadu
3.
Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan,
teknologi dan seni
4.
Relevan dengan kebutuhan kehidupan
5.
Menyeluruh dan berkesinambungan
6.
Belajar sepanjang hayat
7.
Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan
daerah
BAB II
TUJUAN PENDIDIKAN TINGAKT SATUAN PENDIDIKAN
2.1. TUJUAN PENDIDIKAN DASAR
Tujuan pendidikan dasar adalah
meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta
keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
2.2. VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH SDN BANJARSARI
2.2.1. Visi SDN Banjarsari
Menciptakan SDN Banjarsari
unggul dalam prestasi menuju terwujudnya peserta didik yang bertakwa cerdas,
terampil, demokratis dan memiliki keterampilan dasar, baik untuk melanjutkan
kejenjang pendidikan selanjutnya maupun sebagai bekal hidup di masyarakat.
2.2.2 Misi SDN Banjarsari
1. Meningkatkan pelayanan pendidikan
kepada peserta didik
2. Meningkatkan kualitas dan
kuantitas sarana prasarana
3. Meningkatkan peserta didik
disemua jenjang kelas
4. Meningkatkan kualitas dan
kuantitas personal sekolah Banjarsari
5. Memberdayakan potensi
lingkungan sekolah
2.2.3. Tujuan Sekolah SD Negeri Banjarsari
1.
Membentuk peserta didik yang beriman dan bertaqwa.
2.
Membentuk peserta didik unggul dalam prestasi.
3.
Peserta didik menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bekal untuk
melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi.
4.
Pesrta didik mampu berpikir cerdas dalam menghadapi
berbagai persoalan kehidupan.
5.
Peserta didik mampu memanfaatkan potensi
linkungannya.
BAB III
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
3.1. STRUKTUR KURIKULUM SDN BANJARSARI
Struktur
kurikulum yang dilaksanakan di SDN Banjarsari memuat mata pelajaran wajib,
muatan lokal dan pengembangan diri, dengan rincian seperti dibawah ini :
komponen
|
Kelas dan alokasi waktu
|
|||
I
|
II
|
III
|
IV-VI
|
|
A.
Mata
Pelajaran
1.
Pendidikan
Agama
|
Pendekatan Tematik
|
3
|
||
2.
Pendidikan
Kewarganegaraan
|
2
|
|||
3.
Bahasa
Indonesia
|
5
|
|||
4.
Matematika
|
5
|
|||
5.
Ilmu
Pengetahuan Alam
|
4
|
|||
6.
Ilmu
pengetahuan sosial
|
3
|
|||
7.
Seni
budaya dan keterampilan
|
4
|
|||
8.
Pendidikan
Jasmani,Olahraga dan Kesenian
|
4
|
|||
B. Muatan Lokal
1.
Bahasa
Sunda
|
2
|
|||
2.
Bahasa
Inggris
|
2
|
|||
3.
Anyaman
|
2
|
|||
C. Pengembangan Diri
|
2
|
|||
Jumlah
|
32
|
32
|
32
|
38
|
Pembelajaran
pada kelas 1-3 dilaksanakan melalui pendekatan Tematik Sedangkan 4-6
dilaksanakan melalui pendekatan Mata Pelajaran.
Alokasi
waktu 1 jam pelajaran adalah 35 menit.
Minggu
Efektif dalam 1 tahun pelajaran (2 Semester)Adalah 36 Minggu
3.2. MUATAN KURIKULUM
Muatan kurikulum Sekolah Dasar
Negeri Banjarsari terdiri dari 8 mata pelajaran wajib,3 jenis muatan lokal, dan
kegiatan pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memeberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengepresikan diri
sesuai dengan kebutuhan, bakat,minat,setiap peserta didik seuai dengan kondisi
sekolah. Rincian kurikulum muatan sebagai berikut.
1. Mata Pelajaran Wajib
1.1.Agama
Ø Pengertian
Pendidikan agama adalah
pendididkan yang dimaksudkan untuk meningkatkan potensial spiritual dan
membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.
Ø Tujuan
·
Menumbuh
kembangkan Akidah mellui pemberian,pemupkan dan pengembangan pengetahuan, penghayatan,
pengamatan, pembaiasaan serta pengalaman peserta didik tentang agama islam
sehingga menjadi manusia muslimyang terus berkembang keimanan dan ketakwaan
kepada Allah.
·
Mewujudkan
manusia Indonesia yang taat Beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang
berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur,adil, etis,
berdisiplin, bertoleransi, menjaga keharmonisan secara personal dan social
serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.
Ø Ruang Lingkup
1. Al-Quran dan Hadis
2. AQidah
3. Akhlak
4. Fiqih
5. Tarikh dan kebudayaan islam
1.2.Pendidikan Kewarganegaraan
Ø Pengertian
Pendidikan Kewarganegaraan adalah
mata pelajaran memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan
mampu melaksanakan hak-hak dan kewajiban untuk menjadi WNI yang cerdas,
terampil dan berkarakter yang diamanatkan oleh pancasila dan UUD 1945.
Ø Tujuan
Mata Pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan bertujuan agar pendidikan memiliki kemampuan sebagai berikut :
o Berpikir secara Kritis,rasional
dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan.
o Bepartisifasi secara aktif,bertanggung
jawab dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat,berbangsa serta
anti korupsi.
o Berkembang secara positif dan
demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia
agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya.
o Berinteraksi dengan bangsa-bangsa
lain dalam pencaturan dunia secara langsung / tidak langsung dengan
memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
Ø Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran PKN
meliputi aspek-aspek
1. Persatuan dan Kesatuan Bangsa
2. Norma Hukum dan Peraturan
3. Hak Asasi MAnusia
4. Kebutuhan Warga Negara
5. Konstitusi warga Negara
6. Kekuasaan dan Politik
7. Pancasila
8. Globalisasi
1.3.Bahasa Indonesia
Ø Pengertian
Mata Pelajaran yang diarahkan
untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dala bahasa
Indonesia dengan baik dan benar. Baik secara lisan maupun tulis,serta
menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya Kesastraan manusia Indonesia.
Ø Tujauan
Mata Pelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia
bertujuan agar pesertan didik memiliaki kemampuan sebagai bertikut.
o Berkomunikasi secara efektif dan
efisien sesuai dengan etika yang berlak baik secara lisan maupun tulisan.
o Menghargai dan bangsa menggunakan
bahasa Indonesia sebagai bahasa Persatuan dan Bahasa Negara.
o Meamhami bangsa Indonesia dan
menggunakanyadengan tepat dan kreatif untuk sebagai tujuan.
o Menggunakan bahasa Indonesia
untuk meningakatkan kemampuan intelektual serta kematangan emosional dan
social.
o Menikmati dan memanfaatkan karya
sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi peketi. Serta meningakatkan
pengetahuan dan kemapuan berbahasa
o Menghargai dan mengembangkan
sastra Indonesia sebagai Khazanah, budava dan intelektual manusia Indonesia.
Ø Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran
Bahasa Indonesia meliputi Aspek-aspek
1. Mendengarkan
2. Berbicara
3. Membaca
4. Menulis
1.4.Matematika
Ø Pengertian
Mata pelajara Matematika
merupakan ilmu universal yang ,mendasari perhubungan teknologi modern.Menpunyai
peran penting dalam berbagai disiplin dan
memajukan daya pikir manusia.
Ø Tujuan
Mata pelajaran pendidikan
Matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
o Memahami konsep
matematika,menjelaskan keterkaitan antar konsep atau algortma,secar
luwes,akurat, efisien dan tepat dalam pemecahan masalah.
o Menguanakan penalaran pada poal
dan sifat,melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun
bukati atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.
o Memecahkan masalah yang meliputi
kemampuan memehami masalah, merancang model matemetika, menyelesaikan model dan
menapsirkan solusi yang diperoleh.
o Mengkomunikasikan gagasan dengan
simbol, tebel, diagram atau media lain yang memperjelas keadaan atau masalah.
o Memiliki sikap menghargai
kegunaan matematika dalam kegunaan dan yaitu memiliki rasa ingin tahu,
perhatian dan minat dalam mempelajari matematika serta sikap ulet dan
percayadiri dalam pemecahan masalah
Ø Ruang Lingkup
Ruang lingkup Mata Pelajaran
Matematika meliputi aspek-aspek
1. Bilangan
2. Geometri dan Pengukuran
3. Pengolahan data
1.5.Mata Pelajaran IPA
Ø Pengertian
Mata Plajaran IPA merupakan
wahana bagi eserta didik untuk mempelajari diri dan alam sekitar melalui
penguasaan fakta,konsep dan penemuan yang dilaksanakan secara ilmiah serta
prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan
sehari-hari.
Ø Tujuan
Mata pelajaran pendidikan IPA
bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
o Memperoleh keyakinan terhadap
kebesaran Tuhan YME berdasarankan keberadaan,keindahan dan keteraturan alam
ciptaanya.
o Mengembangkan pengetahuan dan
pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam
kehidupan sehari-hari.
o Mengembangkan rasa ingin
tahu,sikap positif dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi
antara IPA,Lingkungan ,Teknologi dan MAsyarakat.
o Mengembangkan keterampilan proses
untuk menyelidiki alam sekitar,memecahkan masalah dan membat keptusan.
o Meningkatkan kesadaran untuk
berperan serta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam.
o Meningkatkan kesadaran untuk
menghargai alam dansegala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan.
o Memperoleh bekal
pengetahuan,konsep dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan
pendidikan ke SMP.
Ø Ruang Lingkup
1. Mahluk hidup dan proses kehidupannya
2. Benda,sifat-sifat dan kegunaan
3. Energi dan kegunaan
4. Bumi dan alam semesta
1.6.Mata Pelajaran IPS
Ø Pengertian
Mata Pelajaran IPS adalah mata
pelajaran yang mengkaji seperangkat peristiwa,fakta ,konsep dan generalisasi
yang berkaitan dengan isu social.
Ø Tujuan
Mata Pelajaran IPS bertujuan agar
peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
o Mengenal konsep-konsep yang
berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungan.
o Memiliki kemampuan dasar untuk
berpikir logis dan kritis,rasa ingin tahu,inquiri,memecahkan masalah dan
keterampilan dalam kehidupan sosial.
o Memiliki komitmen dan kesadaran
terhadap nilai-nilai social dan kemanusiaan.
o Memiliki kemampuan
berkomunikasi,bekerjasama dan berkompetensi dalam masyarakat yang majemuk di
tingkat lokal, nasional dan global.
Ø Ruang Lingkup
1. Manusia,tempat dan lingkungan
2. Waktu,keberlanjutan dan perubahan
3. Sistem sosial dan budaya
4. Prilaku ekonomi dan Kesejahteraan
1.7.Seni Budaya dan Keterampilan
Ø Pengertian
Mata Pelajaran Seni Budaya dan
Keterampilan adalah mata pelajaran yang
memberikan pengalaman estetik,dalam bentuk kegiatan berekspresi / berkreasi dan
berapresiasi melalui pendekatan”Belajar dengan seni” ,”Belajar melalui
seni”,”belajar tentang seni”.
Ø Tujuan
Mata Pelajaran Pendidikan Seni
Budaya dan Keterampilan bertujuasn agar peserta didik memiliki kemampuan
sebagai berikut :
o Memahami konsep dan pentingnya
seni Budaya dan Keterampilan
o Menampilkan sikap apresiasi
terhadap seni budaya dan keterampilan
o Menampilkan kreatifitas melalui
sumber daya dan keterampilan
o Menampilkan peran serta dalam
seni budaya dan keterampilan dalam tingkat local,regional maupun global
Ø Ruang Lingkup
1. Seni Rupa
2. Seni Musik
3. Seni Tari
4. Seni Drama
5. Keterampilan
1.8.Pendidikan Jasmani,Olahraga dan
Kesehatan
Ø Pengertian
Mata Pelajaran Pendidikan
Jasmani,Olahraga dan Kesehatan adalah mata
pelajaran yang memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai
pengalaman belajar melalui aktifitas jasmani,olahraga da Kesehatan yang
terpilih yang di lakukan secara sistematis.
Ø Tujuan
Mata Pelajaran Jasmani,Olahraga
dan Kesehatan bertujuan agar peserta didik memilki kemampuan seperti berikut :
o Mengembangkan keterampilan
pengolahan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran Jasmani
serta pla hidup sehat melalui berbagai aktivitas Jasmani dan Olahraga terpilih.
o Meningkatkan pertumbuhan fisik
dan pengembangan psikis yang baik.
o Meninkatkan kemampuan dan
keterampilan gerak dasar.
o Meletakkan landasan karakter
moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung ala
Penjas,Olahraga dan Kesehatan.
o Mengembangkan sikap positif,jujur
disiplin,bertanggung jawab,kerjasama,percaya diri dan demokratis
o Mengembangkan keterampilan untuk
enjaga keselamatan diri sendiri,orang lain dan lingkungan.
o Memahami konsep aktifitas Jasmani
dan Olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna,pola
hidup sehat dan kebugaran terampil serta memilki skap yang positif.
Ø Ruang Lingkup
1. Permainan dan Olahraga
2. Aktifitas Pengembangan
3. Aktifitas Ritmik
4. Aktifitas Senam
5. Aktifitas Air
6. Pendidikan Luar Kelas
7. Kesehatan
2. Muatan Lokal
2.1.Mata Pelajaran Bahasa Sunda
Ø Pengertian
Mata Pelajaran Bahasa Sunda
adalah salah satu program muatan lokal wajib yang bertjuan untuk mengembangkan
bahasa pertama yaitu Bahasa Sunda sebagai bahasa ibu dan sastra Sunda sebagai
sastra daerah.
Ø Tujuan
Mata Pelajaran Bahasa Sunda
Bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
o Memiliki pengetahuan tentang
bahasa dan sastra Sunda baik dari segi bentuk,makna dan fungsinya.
o Memiliki kemampuan memahami
bahasa dan sastra Sunda baik dari segi bentuk,makna dan fungsinya.
o Memiliki kemampuan menggunakan
bahasa Sunda dengan baik dan benar dalam pergaulan hidup.
o Siswa memiliki sikap yag positif
terhadap bahasa dan sastra Sunda.
o Siswa mampu menikmati ,memahami
dan memanfaatkan karya sastra sunda untuk mengembangkan kepribadian,memperlas
wawasan serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa sunda.
Ø Ruang Lingkup
1. Penguasaan Bahasa
2. Kemampuan menggunakan Bahasa
3. Kemampuan mengapresiasi sastra
dalam kehidupan sehari-hari.
2.2.Mata Pelajaran Bahasa Inggris
Ø Pengertian
Bahasa Inggris adalah bahasa
asing yang digunakan di Indonesia
untuk tujuan penyerapan dan pengembangan ilmu pengetahuan,teknologi,sosial,Budaya
dan pembinaan hubungan dengan bangsa-bangsa lain.
Ø Tujuan
Bahasa Inggris bertujuan agar
peserta didik Memiliki kemampuan sebagai berikut :
o Mengembangkan kompetensi
berkomunikasi dalam bentuk lisan secara terbatas untuk mengiringi tindakan
dalam kontek sekolah.
o Memiliki keselarasan tentang
hakikat dan pentingnya bahasa Inggris uuntuk meningkatkan daya saing bangsa
dalam masyarakat global.
Ø Ruang Lingkup
1.
Mendengarkan
2.
Berbicara
3.
Membaca
4.
Menulis
2.3. Mata Pelajaran Anyaman.
Jenis dan strategipelaksanaan
muatan local yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan
karakteristik sekolah, yaitu mulok yang berbasis local diantaranya
-
Anyaman.
3.
Kegiatan
Pengembangan Diri
Kegitan pengembangan Diri
mencangkup 2 bidang yakni Pengembangan Karakter (pembiasaan) dan Pengembangan
Bakat,Minat serta potensi siswa.Kegiatan yang mengarah kepada pengembangan
karakter berupa :
3.1.Pembiasaan Terprogram
3.1.1.
Kegiatan
Keagamaan (Pesantren Kilat)
3.1.2.
Pekan
Kreatifitas
3.1.3.
Pekan
Olahraga antar kelas
3.1.4.
Peringatan
hari-hari besar nasional
3.1.5.
Bina
Olimpiade
3.2.Pembiasaan Rutin
3.2.1.
Pramuka
3.2.2.
Upacara
bendera
3.2.3.
Jam
baca Al-Qur’an
3.2.4.
Senam
Irama
3.3.Pembiasan Spontan
3.3.1.
Mengikuti
Kegiatan Bakti sosial di masyarakat
3.3.2.
Mengumpulkan
dana bantuan bencana alam
3.3.3.
Menjaga
kebersihan lingkungan
3.4.Keteladanan
3.4.1.
Membudayakan
Kebersihan dan kesehata pada semua warga Sekolah
3.4.2.
Membudayakan
berpakaian rapi di Sekolah
3.4.3.
Menaati
tata tertib yang berlaku di Sekolah
Kegiatan
yang mengarah pada pengembangan bakat,minat dan potensi siswa dapat dipilih
oleh siswa antara lain :
a.
Bidang
Seni ( Alat music,Olah Vokal,Pupuh)
b.
Bidang
Olahraga (Sepak Bola,Bulu Tangkis,Bola Voli,Sepak Takraw,Renang,Tenis
Meja,Pencak silat,Senam Irama)
c.
Bidang
Agama (BTQ dan Da’wah
BAB IV
PENGATURAN BEBAN BELAJAR
4.1. Pengaturan Beban Belajar
Sekolah
Dasar Negeri Banjarsari Menggunakan system paket yang di alokasikan dalam
struktur kurikulum sebagai berikut :
1.
Jam
Pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan berdasarkan bobot mata
pelajaran yang sesuai dengan stuktur kurikulum.Mata pelajaran wajib sesuai
dengan yang tertera pada stuktur kurikulum. 1 Jam pembelajaran = 35 menit.
2.
Alokasi
waktu untuk penugasan terkait dengan mata pelajaran yang diajarkan di kelas
(Tugas Terstuktur dan Tugas Mandiri Tidak Terstuktur ) 40 % dari waktu kegiatan
tatap muka.
3.
Alokasi
waktu untuk praktek,dua jam kegiatan praktek di Sekolah serta dengan satu jam
tatap muka .Empat jam praktek di luar Sekolah setara dengan satu jam tatap
muka.
4.
Alokasi
waktu untuk pengembangan diri disesuaikan dengan jenis kegiatan.
5.
Jumlah
Minggu efektif satu tahun adalah 37 Minggu.
6.
Jumlah
jam pembelajaran perminggu
Kelas 1 : 30 Jam
Kelas 2 : 30 Jam
Kelas 3 : 32 Jam
Kelas 4 : 36 Jam
Kelas 5 : 36 Jam
Kelas 6 : 36 Jam
4.2.Alokasi
Waktu Tatap Muka , TT dan TMTT
ALOKASI WAKTU TATAP
MUKA, TUGAS TERSTUKTUR (TT)
DAN TUGAS MANDIRI
TIDAK TERSTUKTUR (TMTT)
SEMESTER 1
No
|
Mata Pelajaran
|
Alokasi Waktu SMT 1
|
ME
SMT
1
|
Alokasi Waktu
Tatap
muka
|
Alokasi Waktu
TT
|
Alokasi Waktu
TMTT
|
||||
1 - 3
|
4-6
|
1-3
|
4-6
|
1-3
|
4-6
|
1-3
|
4-6
|
|||
1
|
PAI
|
1260
|
1890
|
18
|
756
|
1134
|
302
|
453
|
201
|
302
|
2
|
PKn
|
1260
|
1260
|
18
|
756
|
756
|
302
|
302
|
201
|
201
|
3
|
Bahasa Indonesia
|
3150
|
3150
|
18
|
1890
|
1890
|
756
|
756
|
504
|
504
|
4
|
Matematika
|
3150
|
3150
|
18
|
1890
|
1890
|
756
|
756
|
504
|
504
|
5
|
IPA
|
1890
|
2520
|
18
|
1134
|
1512
|
453
|
604
|
302
|
403
|
6
|
IPS
|
1890
|
1890
|
18
|
1134
|
1134
|
453
|
453
|
302
|
302
|
7
|
SBK
|
1260
|
2520
|
18
|
756
|
1512
|
302
|
604
|
201
|
403
|
8
|
Penjas Orkes
|
1260
|
2520
|
18
|
756
|
1512
|
302
|
604
|
201
|
403
|
9
|
Bahasa Sunda
|
1260
|
1260
|
18
|
756
|
756
|
302
|
302
|
201
|
201
|
10
|
Bahasa Inggris
|
-
|
1260
|
18
|
-
|
756
|
-
|
302
|
-
|
201
|
11
|
Anyaman
|
-
|
1260
|
18
|
-
|
756
|
-
|
302
|
-
|
201
|
ALOKASI WAKTU TATAP
MUKA, TUGAS TERSTUKTUR (TT)
DAN TUGAS MANDIRI
TIDAK TERSTUKTUR (TMTT)
SEMESTER 2
No
|
Mata Pelajaran
|
Alokasi Waktu SMT 1
|
ME
SMT
1
|
Alokasi Waktu
Tatap
muka
|
Alokasi Waktu
TT
|
Alokasi Waktu
TMTT
|
||||
1 - 3
|
4-6
|
1-3
|
4-6
|
1-3
|
4-6
|
1-3
|
4-6
|
|||
1
|
PAI
|
1260
|
1890
|
18
|
756
|
1134
|
302
|
453
|
201
|
302
|
2
|
PKn
|
1260
|
1260
|
18
|
756
|
756
|
302
|
302
|
201
|
201
|
3
|
Bahasa Indonesia
|
3150
|
3150
|
18
|
1890
|
1890
|
756
|
756
|
504
|
504
|
4
|
Matematika
|
3150
|
3150
|
18
|
1890
|
1890
|
756
|
756
|
504
|
504
|
5
|
IPA
|
1890
|
2520
|
18
|
1134
|
1512
|
453
|
604
|
302
|
403
|
6
|
IPS
|
1890
|
1890
|
18
|
1134
|
1134
|
453
|
453
|
302
|
302
|
7
|
SBK
|
1260
|
2520
|
18
|
756
|
1512
|
302
|
604
|
201
|
403
|
8
|
Penjas Orkes
|
1260
|
2520
|
18
|
756
|
1512
|
302
|
604
|
201
|
403
|
9
|
Bahasa Sunda
|
1260
|
1260
|
18
|
756
|
756
|
302
|
302
|
201
|
201
|
10
|
Bahasa Inggris
|
-
|
1260
|
18
|
-
|
756
|
-
|
302
|
-
|
201
|
11
|
Anyaman
|
-
|
1260
|
18
|
-
|
756
|
-
|
302
|
-
|
201
|
BAB V
ATURAN KETUNTASAN BELAJAR
5.1. Ketuntasan Belajar
Ketuntasan belajar tiap mata
pelajaran disesuaikan dengan kompleksitas esensial,intake siswa dan sarana
prasaran.Adapun Kriteria Ketuntasan Minimal setiap mata pelajaran sebagai
berikut :
No
|
Mata Pelajaran
|
Kelas
|
Keterangan
|
|
I-III
|
IV-VI
|
|||
A.
Mata
Pelajaran
|
||||
1
|
Agama
|
73
|
72
|
|
2
|
Pendidikan Kewarganegaraan
|
70
|
68
|
|
3
|
Bahasa Indonesia
|
69
|
68
|
|
4
|
Matematika
|
62
|
62
|
|
5
|
IPA
|
60
|
63
|
|
6
|
IPS
|
62
|
61
|
|
7
|
Seni Budaya dan Keterampilan
|
70
|
72
|
|
8
|
Pendidikan Jasmani,Olahraga dan
Kesehatan
|
70
|
70
|
|
B.
Muatan
Lokal
|
||||
a.
Bahasa
Sunda
|
70
|
71
|
||
b.
Bahasa
Inggris
|
-
|
60
|
||
c.
Anyaman
|
-
|
67
|
||
C.
Pengembangan
Diri
|
70
|
72
|
||
5.2. Penilaian
1. Jenis : Tes
Non
Tes
2. Cakupan : Harian
Blok
3. Sasaran : Individu
Kelompok
4.
Teknik :
I.
Tertulis
1.
Jawaban
Benar Salah dengan alas an
2.
Jawaban
Singkat
3.
Pilihan
Ganda
4.
Menjodohkan
5.
Pengerjaan
Soal
6.
Data
Pertanyaan
7.
Esai
berstruktur
8.
Esai
Bebas
9.
Skala
Sikap
10. Sinopsis
11. Karangan
12. Paper
13. Laporan / eksperimen/Penyelidikan
/ Observasi
II.
Unjuk
Kerja
1.
Permainan
2.
Demontrasi
3.
Menggambar
Menulis
4.
Membuat
Model
5.
Membuat
Produk
6.
Proyek
(Pengamatan)
7.
Pajangan
8.
Porto
Folio
III.
Lisan
1.
Tanya
Jawab
2.
Pelaporan
3.
Deklamasi
/ Membuat Puisi
4.
Bercakap-cakap
5.
Menjelaskan
Sesuatu
6.
Diskusi
7.
Bercerita
8.
Bermain
Peran
9.
Wawancara
IV.
Tingkah
Laku
1.
Penilaian
Diri
2.
Catatan
Anekdot
3.
Organigram
4.
Buku
Harian
5.
Ungkapan
Perasaan
6.
Pengamatan
Kegiatan belajar
7.
Konfrensi
8.
Pengamatan
Tingkah Laku
9.
Profil
Siswa
BAB VI
KETENTUAN KENAIKAN KELAS DAN KELULUSAN
6.1.
Kenaikan
Kelas
Kenaikan Kelas dilaksanakan pada
setiap akhir tahun pelajaran dengan ketentuan Sebagai berikut :
1.
Siswa
sudah menyelesaikan seluruh programpembelajaran dengan criteria ketentuan
minimal pada semua indikator,Kompetensi Dasar (KD) dan Standar Kompetensi (SK)
pada semua mata pelajaran.
2.
Kehadiran
siswa minimal 75 %.
3.
Bersikap
prilaku baik.
6.2.
Kelulusan
Kelulusan dilaksanakan setelah
siswa menyelesaikan seluruh program pembelajaran dari kelas I s/d VI.Adapun
Ketentuan sebagai berikut :
1.
Siswa
sudah menyelesaikan seluruh program pembelajaran dengan ketentuan minimal pada
sema Indikator,Hasil belajar,Kompetensi Dasar (KD), dan Standar kompetensi (SK)
Pada semua mata pelajaran.
2.
Prestasi
kehadiran minimal 75 %.
3.
Lulus
Ujian Sekolah.
4.
Bersikap
/Prilaku baik.
BAB VII
PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KECAKAPAN
HIDUP
Penembangan
pendidikan kecakapan hidup dilaksanakan melalui pendidikan K 7
7.1.
Penegertian
PKHS adalah kegiatan yang
bertujuan untuk melaksanakan pendidikan dan meningkatkan keterampilan serta
memberikan informasi yang tepat dan benar tentang bagimana cara melaksakan pola
hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.
7.2.
Tujuan
Umum PKHS
Agar siswa mempunyai keterampilan
melaksanakan hidup sehat dalam kehidpan sehari-hari (berprilaku hidup sehat)
dalam setiap situasi dan kondisi yang sedang dihadapi.
7.3.
Tjuan
Khusus PKHS
1.
Siswa
dapat menerapakan pengetahuan kesehatan dan keterampilan cara hidup sehat yang
dimilikinya dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Siswa
akan berupaya mengembangkan pengetahuan kesehatan (kemampuan tentang kesehatan
yang dimilikinya agar dapat mengatasi masalah kesehatan yang dihadapi).
3.
Siswa
mempunyai rasa tanggung jawab terhadap kesehatan diri sendiri,kesehatan
keluarga dan kesehatan masyarakat di lingkungannya (siswa selalu berpartisipasi
aktif dalam berbagai kegiatan kesehatan).
7.4.
Ruang
Lingkup PKHS
1.
Budaya
Sadar Gizi : -
Aku Sehat
-
Lemari
ajaib
-
Jajan
-
Keluarga
2.
Lingkungan
Sehat : -
lagu Lingkungan
-
Peduli
Lingkungan
-
Kelompok
bertanggung jawab dan kelompok tidak bertanggung
jawab.
-
Apa
yang harus kita lakukan.
3.
Hidup
Sehat dan bersih : - Permainan
acak kartu
-
Membuat
Majalah Dinding
-
Apa
yang harus aku lakukan
-
Siapa
yang harus aku tolong
4.
Hidup
Aktif : - Gerak Gembira
-
Kepala
Pundak lutut Kaki
-
Mengerakkan
Tubuh
-
Relaksasi
Otot
-
Memeberi
Pujian
5.
Menghindari
Pujian : - Perilaku
berbahaya
-
Bermain
-
Menggapai
Cerita
-
Bermain
Lalu Lintas
6.
Muda
Mudi yang Bertanggung jawab : -
Cita-cita
-
Etika
Pergaulan
-
Pertentangan
Batin
-
Menjaga
Berlian
-
Mengenal
Diri
7.
Merokok
Merusak Kesehatan : - Waktu
-
Percaya
Diri
-
Seratus
Cara Mengatakan Tidak
-
Pengambilan
Keputusan
8.
Obat
dan Zat Berbahaya : -
Kisah suatu kaluarga
-
Cermat
dan Tepat
-
Teliti
Sebelum Menggunakan
-
Kartu
Berjodoh
BAB VIII
PENDIDIKAN BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL DAN GLOBAL
Pendidkan Berbasis Keunggulan
Lokal dan Global yang diselenggarakan di SDN Banjarsari adalah sebagai berikut
:
8.1.
Program
Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal
Program Pendidikan Berbasis
Keunggulan Lokal adalah membuat Anyaman.
Kelas
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
3
|
Semester 1
|
|
1.
Mengenal
pengertian anyaman,Contoh Anyaman dan bahan yang dapat di pakai anyaman
|
1.1.
Menyebutkan
pengertian Anyaman
1.2.
Contoh
– contoh Anyaman
1.3.
Menyebutkan
bahan – bahan anyaman
|
|
Semester 2
|
||
2.
Mengenal
Fungsi,Kriteria bahan anyaman
|
2.1.
Menyebutkan
Fungsi Anyaman
2.2.
Menyebutkan criteria bahan anyaman yang
baik.
|
|
4
|
Semester 1
|
|
1.
Mengenal
alat dan bagian-bagian pada pembuatan anyaman kertas
|
1.1.
Menyebutkan
Alat-alat untuk membuat anyaman.
1.2.
Menyebutkan
kegunaan alat-alat untuk membuat anyaman kertas.
|
|
Semester 2
|
||
2.
Mengenal
motif-motif anyaman kertas
|
2.1.
Menyebutkan
motif-motif anyaman kertas
|
|
3.
Menunjukan
apresiasi terhadap motif-motif anyaman kertas
|
3.1.
Menunjukan
sikap apresiasi terhadap motif-motif anyaman kertas
|
|
5
|
Semester
1
|
|
1.
Membuat
pahan dan lungsin sebagai bahan membuat anyaman
|
1.1.
Membuat
pahan dari kertas
1.2.
Membuat
lungsin dari kertas
1.3.
Membedakan
pahan dan lungsin
|
|
Semester 2
|
||
2.
Mengidentifikasi
langkah-langkah pembuatan anyaman
|
2.1.
Menyebutkan
langkah-langkah pembuatan anyaman
|
|
Kelas
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
5
|
2.2.Membuat
rumus anyaman
2.3. Membuat anyaman sederhana
|
|
6
|
Semester
1
|
|
1.
Mampu
membuat anyaman sesuai dengan motif yang di pilihnya
|
1.1.
Memilih
warna kertas
1.2.
Memilih
motif anyaman
1.3.
Menentukan
rumus
1.4.
Membuat
pahan
1.5.
Membuat
lungsin
1.6.
Membuat
satu anyaman sesuai dengan motif yang di pilihnya
1.7.
Membuat
pigura agar anyaman dapat dipajang di kelas
|
|
Semester
2
|
||
2.
Mampu
membuat hasil karya anyaman yang bermanfaat bagi kehidupan
|
2.1.
Menyebutkan
bahan anyaman yang bermanfaat bagi kehidupan
2.2.
Memilih
bahan jamur yang baik
2.3.
Membuat
ketupat
|
|
8.2.
Program
Pendidikan Berbasis Keunggulan Global
Program Pendidikan berbasis
keunggulan global adalah Komputer
Kelas
|
Kompetensi dasar
|
Uraian Materi
|
4
|
Mengenal Bagian-bagian Komputer
|
-
Mengenal
Layar Komputer
-
Mengenal
mouse
-
Mengenal
key board
-
Mengenal
CPU
|
5
|
Menghidupkan dan Mematikan
Komputer
|
-
Pasang
strum pada bagian-bagian komputer
-
Nyalakan
Komputer dengan menekan tombolpower yang ada pada komputer
-
Mematikannya
dengan cara meng shot down.
|
6
|
Mengetik Huruf dan Angka
|
-
Pengenalan
huruf dan angka yang ada pada key board
-
Mengetik
data diri anak dengan benar dengan tuntunana guru
-
Mengenal
kembali cara-cara pengetikan
-
Mengenal
lebih jauh cara-cara pengetikan yang benar.
|
BAB IX
NILAI-NILAI DALAM PENDIDIKAN
BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA
Nilai – nilai yang dikembangkan
dalam pendidikan budaya dan karakter bangsa di identifikasi dari sumber-sumber
berikut ini.
9.1. Agama
Masyarakat Indonesia adalah
masyarakat beragama,oleh karena itu kehidupan individu,masyarakat dan bangsa
selalu didasari pada ajaran agama dan kepercayaannya. Secara politis kehidupan
beragamapun pada nilai yang berdasar dari agama. Atas dasar pertimbangan itu,Maka nilai-nilai pendidikan budaya karakter bangsa
harus didasari pada nilai-nilai dan kaidah yang berasal dari agama.
9.2. Pancasila
Negara Kesatuan Republik
Indonesia di tegakan atas prinsip- prinsip kehidupan kebangsaandan kenegaraan
yang disebut Pancasila. Pancasila terdapat pada pembukaan UUD 1945 dan di
jabarkan lebih lanjut dalam pasal-pasal yang terdapat dalam UUD 45. Artinya
nilai – nilai yang terkandung dalam pancasila menjadi nilai-nilai yang mengatur
kehidupan Politik,Hukum,Ekonomi,Kemasyarakatan,Budaya dan Seni. Pendidikan
budaya dan karakter bangsa bertujuan mempersiapkan peserta didik menjadi warga
Negara yang lebih baik, yaitu warga Negara yang memiliki kemampuan, kemauan,
dan menerapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupannya sebagai warga Negara.
9.3. Budaya
Sebagai
suatu kebenaran bahwa tidak ada manusia yang hidup bermasyarakat yang tidak
didasari oleh nilai-nilai budaya yang diakui masyarakat itu. Nilai – nilai
budaya itu dijadikan dasar dalam pemberian makna terhadap suatu konsep dan arti
dalam komunikasi antar anggota masyarakat itu. Posisi budaya yang demikian
penting dalam kehidupan Masyarakat mengharuskan budaya menjadi sumber nilai
dalam pendidikan budaya dan karakterbangsa.
9.4. Tujuan Pendidikan Nasional
Sebagai rumusan kualitas yang harus di miliki setiap
warga Negara Indonesia dikembangkan dalam berbagai satuan pendidikan diberbagai
jenjang dan jalur. Tujuan Pendidikan Nasional memuatberbagai nilai kemanusiaan
yang harus dimiliki warga Negara Indonesia. Oleh karena itu Tujuan Pendidikan Nasional
adalah sumber yang paling perasinal dalam mengembangkan pendidikan budaya dan
karakter bangsa.
Berdasarkan keempat sumber nilai itu,teridentifikasi
sejumlah nilai untuk pendidikan budaya dan karakter bangsa sebagai berikut ini
:
NILAI
|
DESKRIPSI
|
1.
Religius
|
Sikap dan prilaku yang patuh dalam melaksanakan
ajran agama yang dianutnya,toleransi terhaap pelaksanaan ibadah agama lain
dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
|
2.
Jujur
|
Prilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan
dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan,tindakan
dan pekerjaan.
|
3.
Toleransi
|
Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan
agama,Suku ,etnis,pendapat, sikap dan tindakan orang lain yang berbeda dari
dirinya.
|
4.
Disiplin
|
Tindakan yang menunjukan prilaku tertib dan patuh
pada berbagai ketentuan dan peraturan.
|
5.
Kerja
Keras
|
Prilaku yang menunjukan upaya sungguh-sungguh
dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas serta menyelesaikan tugas
dengan sebaik-baiknya.
|
6.
Kreatif
|
Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan
cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
|
7.
Mandiri
|
Sikap dan prilaku yang tidak mudah tergantung pada
orang lain dalam menyelesaikan tuga-tugas.
|
8.
Demokratis
|
Cara berpikir,bersikap dan bertindak yang menilai
sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
|
9.
Rasa
Ingin Tahu
|
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk
mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari dilihat dan
didengar.
|
10. Semangat Kebangsaan
|
Cara berpikir, bertindak dan berwawasan yang
menempatkan kepentingan bangsa dan bernegara diatas kepentingan diri dan
kelompoknya.
|
11. Cinta Tanah Air
|
Cara berpikir,bertindak dan berbuat yang
menunjukan kesetiaan,kepedulian dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa
lingkungan fisik,social, budaya,ekonomi dan politik bangsa.
|
12. Menghargai Prestasi
|
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk
menghasilkan suatu yang berguna bagi masyarakat dan mengakui serta
menghormati keberhasilan orang lain.
|
13. Bersahabat/Komunikatif
|
Tindakan yang memperlihatkan rasa senang
berbicara,bergaul dan bekerja sama dengan orang lain.
|
14. Cinta Damai
|
Sikap, perkataan dan tindakan yang menyebabkan
orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.
|
15. Gemar Membaca
|
Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai
bacaanyang memberikan kebajikan bagi dirinya.
|
16. Peduli Lingkungan
|
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah
kerusakan pada lingkungan alam sekitarnya dan mengembangkan upaya-upaya untuk
memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
|
17. Peduli Sosial
|
Sikap dan tindakanyang selalu ingin member bantuan
pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
|
18. Tanggung Jawab
|
Sikap dan prilaku seseorang untuk melaksanakan
tugas dan kewajibannya yang seharusnya dilakukan terhadap diri sendiri,masyarakat,lingkungan
(alam social dan budaya ) Negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar