Senin, 30 November 2015

Contoh Kurikulum SD

Kurikulum SDN Banjarsari


BAB I
PENDAHULUAN

1.1.            PENGERTIAN
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
KTSP atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Kurikulum terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan, dan silabus.
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.

1.2.            DASAR PENYUSUNAN
1.    Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2.    Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
3.    Standar Isi
SI mencangkup lingkup materi dan tingkat kompetensi untuk mencangkup kompetensi lulusan pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Termasuk dalam SI adalah : Kerangka dasar dan struktur kurikulum,Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar setiap mata pelajaran pada setiap semester dari setiap jenis jenjang pendidikan dasar dan menengah.SI ditetapkan dengan KEPMENDIKNAS No. 22 Tahun 2006.
4.    Sandar Kompetensi Lulusan
SKL merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencangkup sikap,pengetahuan dan keterampilan sebagaimana yang ditetapkan dengan KEPMENDIKNAS No. 23 Tahun 2006.

1.3.            TUJUAN PENYUSUNAN
Tujuan Panduan penyusunan Kurikulum ini untuk menjadi acuan bagi satuan pendidikan SD dalam penyusunan dan pengembangan Kurikulum yang akan dilaksanakan pada tingkat satuan pendidikan yang bersangkutan.

1.4.            PRINSIP-PRINSIP PENYUSUNAN KURIKULUM
Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum tingkat Satuan pendidikan
KTSP dikembangkan sesuai dengan relevansinya oleh setiap kelompok atau satuan pendidikan di bawah koordinasi dan supervisi dinas pendidikan atau kantor departemen Agama kabupaten/kota untuk pendidkan dasar dan provinsi untuk pendididkan menengah.Pengembangan KTSP mengacu pada SI dan SKL dan berpedoman pada panduan penyusunan kurikulum yang disusun olh BSNP, serta memperhatikan pertimbangan komite sekolah/madrasah.penyusunan KTSP untuk pendidikan khusus dikoordinasi dan disupervisi oleh dinas pendidikan provinsi, dan berpedoman pada SI dan SKL serta panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BNSP.
KTSP dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut :
1.      Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
2.      Beragam dan terpadu
3.      Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
4.      Relevan dengan kebutuhan kehidupan
5.      Menyeluruh dan berkesinambungan
6.      Belajar sepanjang hayat
7.      Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah



BAB II
TUJUAN PENDIDIKAN TINGAKT SATUAN PENDIDIKAN

2.1.    TUJUAN PENDIDIKAN DASAR
Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
2.2.   VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH SDN BANJARSARI
2.2.1. Visi SDN Banjarsari
Menciptakan SDN Banjarsari unggul dalam prestasi menuju terwujudnya peserta didik yang bertakwa cerdas, terampil, demokratis dan memiliki keterampilan dasar, baik untuk melanjutkan kejenjang pendidikan selanjutnya maupun sebagai bekal hidup di masyarakat.
2.2.2  Misi SDN Banjarsari
1. Meningkatkan pelayanan pendidikan kepada peserta didik
2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana prasarana
3. Meningkatkan peserta didik disemua jenjang kelas
4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas personal sekolah Banjarsari
5. Memberdayakan potensi lingkungan sekolah
2.2.3. Tujuan Sekolah SD Negeri Banjarsari
          1. Membentuk peserta didik yang beriman dan bertaqwa.
          2. Membentuk peserta didik unggul dalam prestasi.
       3. Peserta didik menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bekal untuk 
           melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi.
4.    Pesrta didik mampu berpikir cerdas dalam menghadapi berbagai persoalan kehidupan.
5.    Peserta didik mampu memanfaatkan potensi linkungannya.    





BAB III
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

3.1.  STRUKTUR KURIKULUM SDN BANJARSARI
Struktur kurikulum yang dilaksanakan di SDN Banjarsari memuat mata pelajaran wajib, muatan lokal dan pengembangan diri, dengan rincian seperti dibawah ini :
komponen
Kelas dan alokasi waktu
I
II
III
IV-VI
A.    Mata Pelajaran
1.      Pendidikan Agama
Pendekatan  Tematik
3
2.      Pendidikan Kewarganegaraan
2
3.      Bahasa Indonesia
5
4.      Matematika
5
5.      Ilmu Pengetahuan Alam
4
6.      Ilmu pengetahuan sosial
3
7.      Seni budaya dan keterampilan
4
8.      Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesenian
4
          B.  Muatan Lokal
1.      Bahasa Sunda
2
2.      Bahasa Inggris
2
3.      Anyaman
2
C.  Pengembangan Diri
2
Jumlah
32
32
32
38

Pembelajaran pada kelas 1-3 dilaksanakan melalui pendekatan Tematik Sedangkan 4-6 dilaksanakan melalui pendekatan Mata Pelajaran.
Alokasi waktu 1 jam pelajaran adalah 35 menit.
Minggu Efektif dalam 1 tahun pelajaran (2 Semester)Adalah 36 Minggu





3.2.   MUATAN KURIKULUM
Muatan kurikulum Sekolah Dasar Negeri Banjarsari terdiri dari 8 mata pelajaran wajib,3 jenis muatan lokal, dan kegiatan pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memeberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengepresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat,minat,setiap peserta didik seuai dengan kondisi sekolah. Rincian kurikulum muatan sebagai berikut.
1.      Mata Pelajaran Wajib
1.1.Agama
Ø  Pengertian
Pendidikan agama adalah pendididkan yang dimaksudkan untuk meningkatkan potensial spiritual dan membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.
Ø  Tujuan
·         Menumbuh kembangkan Akidah mellui pemberian,pemupkan dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamatan, pembaiasaan serta pengalaman peserta didik tentang agama islam sehingga menjadi manusia muslimyang terus berkembang keimanan dan ketakwaan kepada Allah.
·         Mewujudkan manusia Indonesia yang taat Beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur,adil, etis, berdisiplin, bertoleransi, menjaga keharmonisan secara personal dan social serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.
Ø  Ruang Lingkup
1.      Al-Quran dan Hadis
2.      AQidah
3.      Akhlak
4.      Fiqih
5.      Tarikh dan kebudayaan islam



1.2.Pendidikan Kewarganegaraan
Ø  Pengertian
Pendidikan Kewarganegaraan adalah mata pelajaran memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajiban untuk menjadi WNI yang cerdas, terampil dan berkarakter yang diamanatkan oleh pancasila dan UUD 1945.
Ø  Tujuan
Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bertujuan agar pendidikan memiliki kemampuan sebagai berikut :
o  Berpikir secara Kritis,rasional dan kreatif dalam menanggapi isu  kewarganegaraan.
o  Bepartisifasi secara aktif,bertanggung jawab dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat,berbangsa serta anti korupsi.
o  Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya.
o  Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam pencaturan dunia secara langsung / tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
Ø  Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran PKN meliputi aspek-aspek
1.      Persatuan dan Kesatuan Bangsa
2.      Norma Hukum dan Peraturan
3.      Hak Asasi MAnusia
4.      Kebutuhan Warga Negara
5.      Konstitusi warga Negara
6.      Kekuasaan dan Politik
7.      Pancasila
8.      Globalisasi
1.3.Bahasa Indonesia
Ø  Pengertian
Mata Pelajaran yang diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dala bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Baik secara lisan maupun tulis,serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya Kesastraan manusia Indonesia.

Ø  Tujauan
Mata Pelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia bertujuan agar pesertan didik memiliaki kemampuan sebagai bertikut.
o    Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlak baik secara lisan maupun tulisan.
o    Menghargai dan bangsa menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa Persatuan dan Bahasa Negara.
o    Meamhami bangsa Indonesia dan menggunakanyadengan tepat dan kreatif untuk sebagai tujuan.
o    Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningakatkan kemampuan intelektual serta kematangan emosional dan social.
o    Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi peketi. Serta meningakatkan pengetahuan dan kemapuan berbahasa
o    Menghargai dan mengembangkan sastra Indonesia sebagai Khazanah, budava dan intelektual manusia Indonesia.
Ø  Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia meliputi Aspek-aspek
1.      Mendengarkan
2.      Berbicara
3.      Membaca
4.      Menulis
1.4.Matematika
Ø  Pengertian
Mata pelajara Matematika merupakan ilmu universal yang ,mendasari perhubungan teknologi modern.Menpunyai peran penting dalam berbagai disiplin  dan memajukan daya pikir manusia.
Ø  Tujuan
Mata pelajaran pendidikan Matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
o   Memahami konsep matematika,menjelaskan keterkaitan antar konsep atau algortma,secar luwes,akurat, efisien dan tepat dalam pemecahan masalah.
o   Menguanakan penalaran pada poal dan sifat,melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukati atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.
o   Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memehami masalah, merancang model matemetika, menyelesaikan model dan menapsirkan solusi yang diperoleh.
o   Mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, tebel, diagram atau media lain yang memperjelas keadaan atau masalah.
o   Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kegunaan dan yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian dan minat dalam mempelajari matematika serta sikap ulet dan percayadiri dalam pemecahan masalah

Ø  Ruang Lingkup
Ruang lingkup Mata Pelajaran Matematika meliputi aspek-aspek
1.      Bilangan
2.      Geometri dan Pengukuran
3.      Pengolahan data

1.5.Mata Pelajaran IPA
Ø  Pengertian
Mata Plajaran IPA merupakan wahana bagi eserta didik untuk mempelajari diri dan alam sekitar melalui penguasaan fakta,konsep dan penemuan yang dilaksanakan secara ilmiah serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari.
Ø  Tujuan
Mata pelajaran pendidikan IPA bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
o    Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan YME berdasarankan keberadaan,keindahan dan keteraturan alam ciptaanya.
o    Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
o    Mengembangkan rasa ingin tahu,sikap positif dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA,Lingkungan ,Teknologi dan MAsyarakat.
o    Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar,memecahkan masalah dan membat keptusan.
o    Meningkatkan kesadaran untuk berperan serta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam.
o    Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dansegala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan.
o    Memperoleh bekal pengetahuan,konsep dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP.
Ø  Ruang Lingkup
1.      Mahluk hidup dan proses kehidupannya
2.      Benda,sifat-sifat dan kegunaan
3.      Energi dan kegunaan
4.      Bumi dan alam semesta

1.6.Mata Pelajaran IPS
Ø  Pengertian
Mata Pelajaran IPS adalah mata pelajaran yang mengkaji seperangkat peristiwa,fakta ,konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan isu social.
Ø  Tujuan
Mata Pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
o    Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungan.
o    Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis,rasa ingin tahu,inquiri,memecahkan masalah dan keterampilan dalam kehidupan sosial.
o    Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai social dan kemanusiaan.
o    Memiliki kemampuan berkomunikasi,bekerjasama dan berkompetensi dalam masyarakat yang majemuk di tingkat lokal, nasional dan global.
Ø  Ruang Lingkup
1.      Manusia,tempat dan lingkungan
2.      Waktu,keberlanjutan dan perubahan
3.      Sistem sosial dan budaya
4.      Prilaku ekonomi dan Kesejahteraan

1.7.Seni Budaya dan Keterampilan
Ø  Pengertian
Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan  adalah mata pelajaran yang memberikan pengalaman estetik,dalam bentuk kegiatan berekspresi / berkreasi dan berapresiasi melalui pendekatan”Belajar dengan seni” ,”Belajar melalui seni”,”belajar tentang seni”.
Ø  Tujuan
Mata Pelajaran Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan bertujuasn agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
o    Memahami konsep dan pentingnya seni Budaya dan Keterampilan
o    Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya dan keterampilan
o    Menampilkan kreatifitas melalui sumber daya dan keterampilan
o    Menampilkan peran serta dalam seni budaya dan keterampilan dalam tingkat local,regional maupun global
Ø  Ruang Lingkup
1.      Seni Rupa
2.      Seni Musik
3.      Seni Tari
4.      Seni Drama
5.      Keterampilan

1.8.Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan
Ø  Pengertian
Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan adalah mata
pelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktifitas jasmani,olahraga da Kesehatan yang terpilih yang di lakukan secara sistematis.

Ø  Tujuan
Mata Pelajaran Jasmani,Olahraga dan Kesehatan bertujuan agar peserta didik memilki kemampuan seperti  berikut :
o   Mengembangkan keterampilan pengolahan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran Jasmani serta pla hidup sehat melalui berbagai aktivitas Jasmani dan Olahraga terpilih.
o   Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis  yang baik.
o   Meninkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar.
o   Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung ala Penjas,Olahraga dan Kesehatan.
o   Mengembangkan sikap positif,jujur disiplin,bertanggung jawab,kerjasama,percaya diri dan demokratis
o   Mengembangkan keterampilan untuk enjaga keselamatan diri sendiri,orang lain dan lingkungan.
o   Memahami konsep aktifitas Jasmani dan Olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk  mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna,pola hidup sehat dan kebugaran terampil serta memilki skap yang positif.
Ø  Ruang Lingkup
1.      Permainan dan Olahraga
2.      Aktifitas Pengembangan
3.      Aktifitas Ritmik
4.      Aktifitas Senam
5.      Aktifitas Air
6.      Pendidikan Luar Kelas
7.      Kesehatan


2.      Muatan Lokal
2.1.Mata Pelajaran Bahasa Sunda
Ø  Pengertian
Mata Pelajaran Bahasa Sunda adalah salah satu program muatan lokal wajib yang bertjuan untuk mengembangkan bahasa pertama yaitu Bahasa Sunda sebagai bahasa ibu dan sastra Sunda sebagai sastra daerah.
Ø  Tujuan
Mata Pelajaran Bahasa Sunda Bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
o    Memiliki pengetahuan tentang bahasa dan sastra Sunda baik dari segi bentuk,makna dan fungsinya.
o    Memiliki kemampuan memahami bahasa dan sastra Sunda baik dari segi bentuk,makna dan fungsinya.
o    Memiliki kemampuan menggunakan bahasa Sunda dengan baik dan benar dalam pergaulan hidup.
o    Siswa memiliki sikap yag positif terhadap bahasa dan sastra Sunda.
o    Siswa mampu menikmati ,memahami dan memanfaatkan karya sastra sunda untuk mengembangkan kepribadian,memperlas wawasan serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa sunda.
Ø  Ruang Lingkup
1.      Penguasaan Bahasa
2.      Kemampuan menggunakan Bahasa
3.      Kemampuan mengapresiasi sastra dalam kehidupan sehari-hari.

2.2.Mata Pelajaran Bahasa Inggris
Ø  Pengertian
Bahasa Inggris adalah bahasa asing yang digunakan di Indonesia       untuk tujuan penyerapan dan pengembangan ilmu pengetahuan,teknologi,sosial,Budaya dan pembinaan hubungan dengan bangsa-bangsa lain.
Ø  Tujuan
Bahasa Inggris bertujuan agar peserta didik Memiliki kemampuan sebagai berikut :
o    Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan secara terbatas untuk mengiringi tindakan dalam kontek sekolah.
o    Memiliki keselarasan tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris uuntuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global.

Ø  Ruang Lingkup
1.      Mendengarkan
2.      Berbicara
3.      Membaca
4.      Menulis
2.3. Mata Pelajaran Anyaman.
Jenis dan strategipelaksanaan muatan local yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan karakteristik sekolah, yaitu mulok yang berbasis local diantaranya
-          Anyaman.
3.      Kegiatan Pengembangan Diri
Kegitan pengembangan Diri mencangkup 2 bidang yakni Pengembangan Karakter (pembiasaan) dan Pengembangan Bakat,Minat serta potensi siswa.Kegiatan yang mengarah kepada pengembangan karakter berupa :
3.1.Pembiasaan Terprogram
3.1.1.      Kegiatan Keagamaan (Pesantren Kilat)
3.1.2.      Pekan Kreatifitas
3.1.3.      Pekan Olahraga antar kelas
3.1.4.      Peringatan hari-hari besar nasional
3.1.5.      Bina Olimpiade
3.2.Pembiasaan Rutin
3.2.1.      Pramuka
3.2.2.      Upacara bendera
3.2.3.      Jam baca Al-Qur’an
3.2.4.      Senam Irama
3.3.Pembiasan Spontan
3.3.1.      Mengikuti Kegiatan Bakti sosial di masyarakat
3.3.2.      Mengumpulkan dana bantuan bencana alam
3.3.3.      Menjaga kebersihan lingkungan
3.4.Keteladanan
3.4.1.      Membudayakan Kebersihan dan kesehata pada semua warga Sekolah
3.4.2.      Membudayakan berpakaian rapi di Sekolah
3.4.3.      Menaati tata tertib yang berlaku di Sekolah

Kegiatan yang mengarah pada pengembangan bakat,minat dan potensi siswa dapat dipilih oleh siswa antara lain :
a.    Bidang Seni ( Alat music,Olah Vokal,Pupuh)
b.    Bidang Olahraga (Sepak Bola,Bulu Tangkis,Bola Voli,Sepak Takraw,Renang,Tenis Meja,Pencak silat,Senam Irama)
c.    Bidang Agama (BTQ dan Da’wah
BAB IV
PENGATURAN BEBAN BELAJAR

4.1.  Pengaturan Beban Belajar
Sekolah Dasar Negeri Banjarsari Menggunakan system paket yang di alokasikan dalam struktur kurikulum sebagai berikut :
1.      Jam Pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan berdasarkan bobot mata pelajaran yang sesuai dengan stuktur kurikulum.Mata pelajaran wajib sesuai dengan yang tertera pada stuktur kurikulum. 1 Jam pembelajaran = 35 menit.
2.      Alokasi waktu untuk penugasan terkait dengan mata pelajaran yang diajarkan di kelas (Tugas Terstuktur dan Tugas Mandiri Tidak Terstuktur ) 40 % dari waktu kegiatan tatap muka.
3.      Alokasi waktu untuk praktek,dua jam kegiatan praktek di Sekolah serta dengan satu jam tatap muka .Empat jam praktek di luar Sekolah setara dengan satu jam tatap muka.
4.      Alokasi waktu untuk pengembangan diri disesuaikan dengan jenis kegiatan.
5.      Jumlah Minggu efektif satu tahun adalah 37 Minggu.
6.      Jumlah jam pembelajaran perminggu
Kelas 1           : 30 Jam
Kelas 2           : 30 Jam
Kelas 3           : 32 Jam
Kelas 4           : 36 Jam
Kelas 5           : 36 Jam
Kelas 6           : 36 Jam








4.2.Alokasi Waktu Tatap Muka , TT dan TMTT
ALOKASI WAKTU TATAP MUKA, TUGAS TERSTUKTUR (TT)
DAN TUGAS MANDIRI TIDAK TERSTUKTUR (TMTT)
SEMESTER 1
No
Mata Pelajaran
Alokasi Waktu SMT 1
ME
SMT
1
Alokasi Waktu
Tatap muka
Alokasi Waktu
TT
Alokasi Waktu
TMTT
1 - 3
4-6
1-3
4-6
1-3
4-6
1-3
4-6
1
PAI
1260
1890
18
756
1134
302
453
201
302
2
PKn
1260
1260
18
756
756
302
302
201
201
3
Bahasa Indonesia
3150
3150
18
1890
1890
756
756
504
504
4
Matematika
3150
3150
18
1890
1890
756
756
504
504
5
IPA
1890
2520
18
1134
1512
453
604
302
403
6
IPS
1890
1890
18
1134
1134
453
453
302
302
7
SBK
1260
2520
18
756
1512
302
604
201
403
8
Penjas Orkes
1260
2520
18
756
1512
302
604
201
403
9
Bahasa Sunda
1260
1260
18
756
756
302
302
201
201
10
Bahasa Inggris
-
1260
18
-
756
-
302
-
201
11
Anyaman
-
1260
18
-
756
-
302
-
201


ALOKASI WAKTU TATAP MUKA, TUGAS TERSTUKTUR (TT)
DAN TUGAS MANDIRI TIDAK TERSTUKTUR (TMTT)
SEMESTER 2
No
Mata Pelajaran
Alokasi Waktu SMT 1
ME
SMT
1
Alokasi Waktu
Tatap muka
Alokasi Waktu
TT
Alokasi Waktu
TMTT
1 - 3
4-6
1-3
4-6
1-3
4-6
1-3
4-6
1
PAI
1260
1890
18
756
1134
302
453
201
302
2
PKn
1260
1260
18
756
756
302
302
201
201
3
Bahasa Indonesia
3150
3150
18
1890
1890
756
756
504
504
4
Matematika
3150
3150
18
1890
1890
756
756
504
504
5
IPA
1890
2520
18
1134
1512
453
604
302
403
6
IPS
1890
1890
18
1134
1134
453
453
302
302
7
SBK
1260
2520
18
756
1512
302
604
201
403
8
Penjas Orkes
1260
2520
18
756
1512
302
604
201
403
9
Bahasa Sunda
1260
1260
18
756
756
302
302
201
201
10
Bahasa Inggris
-
1260
18
-
756
-
302
-
201
11
Anyaman
-
1260
18
-
756
-
302
-
201


                       
BAB V
ATURAN KETUNTASAN BELAJAR

5.1.  Ketuntasan Belajar
Ketuntasan belajar tiap mata pelajaran disesuaikan dengan kompleksitas esensial,intake siswa dan sarana prasaran.Adapun Kriteria Ketuntasan Minimal setiap mata pelajaran sebagai berikut :
No
Mata Pelajaran
Kelas
Keterangan
I-III
IV-VI
A.      Mata Pelajaran



1
Agama
73
72

2
Pendidikan Kewarganegaraan
70
68

3
Bahasa Indonesia
69
68

4
Matematika
62
62

5
IPA
60
63

6
IPS
62
61

7
Seni Budaya dan Keterampilan
70
72

8
Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan
70
70

B.       Muatan Lokal




a.    Bahasa Sunda
70
71


b.    Bahasa Inggris
-
60


c.    Anyaman
-
67

C.       Pengembangan Diri
70
72


5.2.  Penilaian
1.      Jenis               : Tes
                         Non Tes
2.      Cakupan        : Harian
                                        Blok
3.      Sasaran          :  Individu
                         Kelompok


4.      Teknik           : 
I.              Tertulis
1.        Jawaban Benar Salah dengan alas an
2.        Jawaban Singkat
3.        Pilihan Ganda
4.        Menjodohkan
5.        Pengerjaan Soal
6.        Data Pertanyaan
7.        Esai berstruktur
8.        Esai Bebas
9.        Skala Sikap
10.    Sinopsis
11.    Karangan
12.    Paper
13.    Laporan / eksperimen/Penyelidikan / Observasi
II.           Unjuk Kerja
1.        Permainan
2.        Demontrasi
3.        Menggambar Menulis
4.        Membuat Model
5.        Membuat Produk
6.        Proyek (Pengamatan)
7.        Pajangan
8.        Porto Folio
III.        Lisan
1.           Tanya Jawab
2.           Pelaporan
3.           Deklamasi / Membuat Puisi
4.           Bercakap-cakap
5.           Menjelaskan Sesuatu
6.           Diskusi
7.           Bercerita
8.           Bermain Peran
9.           Wawancara
IV.        Tingkah Laku
1.           Penilaian Diri
2.           Catatan Anekdot
3.           Organigram
4.           Buku Harian
5.           Ungkapan Perasaan
6.           Pengamatan Kegiatan belajar
7.           Konfrensi
8.           Pengamatan Tingkah Laku
9.           Profil Siswa


BAB VI
KETENTUAN KENAIKAN KELAS DAN KELULUSAN

6.1.       Kenaikan Kelas
Kenaikan Kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran dengan ketentuan Sebagai berikut :
1.      Siswa sudah menyelesaikan seluruh programpembelajaran dengan criteria ketentuan minimal pada semua indikator,Kompetensi Dasar (KD) dan Standar Kompetensi (SK) pada semua mata pelajaran.
2.      Kehadiran siswa minimal 75 %.
3.      Bersikap prilaku baik.
6.2.       Kelulusan
Kelulusan dilaksanakan setelah siswa menyelesaikan seluruh program pembelajaran dari kelas I s/d VI.Adapun Ketentuan sebagai berikut :
1.      Siswa sudah menyelesaikan seluruh program pembelajaran dengan ketentuan minimal pada sema Indikator,Hasil belajar,Kompetensi Dasar (KD), dan Standar kompetensi (SK) Pada semua mata pelajaran.
2.      Prestasi kehadiran minimal 75 %.
3.      Lulus Ujian Sekolah.
4.      Bersikap /Prilaku baik.


BAB VII
PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP

Penembangan pendidikan kecakapan hidup dilaksanakan melalui pendidikan K 7           
7.1.       Penegertian
PKHS adalah kegiatan yang bertujuan untuk melaksanakan pendidikan dan meningkatkan keterampilan serta memberikan informasi yang tepat dan benar tentang bagimana cara melaksakan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.
7.2.       Tujuan Umum PKHS
Agar siswa mempunyai keterampilan melaksanakan hidup sehat dalam kehidpan sehari-hari (berprilaku hidup sehat) dalam setiap situasi dan kondisi yang sedang dihadapi.
7.3.       Tjuan Khusus PKHS
1.      Siswa dapat menerapakan pengetahuan kesehatan dan keterampilan cara hidup sehat yang dimilikinya dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Siswa akan berupaya mengembangkan pengetahuan kesehatan (kemampuan tentang kesehatan yang dimilikinya agar dapat mengatasi masalah kesehatan yang dihadapi).
3.      Siswa mempunyai rasa tanggung jawab terhadap kesehatan diri sendiri,kesehatan keluarga dan kesehatan masyarakat di lingkungannya (siswa selalu berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan kesehatan).
7.4.       Ruang Lingkup PKHS
1.      Budaya Sadar Gizi                :    -    Aku Sehat
-         Lemari ajaib
-         Jajan
-         Keluarga
2.      Lingkungan Sehat                 :    -    lagu Lingkungan
-         Peduli Lingkungan
-       Kelompok bertanggung jawab dan kelompok  tidak bertanggung jawab.
-       Apa yang harus kita lakukan.
3.      Hidup Sehat dan bersih                               :     -   Permainan acak kartu
-       Membuat Majalah Dinding
-       Apa yang harus aku lakukan
-       Siapa yang harus aku tolong    
4.      Hidup Aktif                                                 :     -   Gerak Gembira
-       Kepala Pundak lutut Kaki
-       Mengerakkan Tubuh
-       Relaksasi Otot
-       Memeberi Pujian
5.      Menghindari Pujian                                     :     -   Perilaku berbahaya
-       Bermain
-       Menggapai Cerita
-       Bermain Lalu Lintas
6.      Muda Mudi yang Bertanggung jawab       :      -    Cita-cita
-       Etika Pergaulan
-       Pertentangan Batin
-       Menjaga Berlian
-       Mengenal Diri
7.      Merokok Merusak Kesehatan                       :   -   Waktu
-       Percaya Diri
-       Seratus Cara Mengatakan Tidak
-       Pengambilan Keputusan
8.      Obat dan Zat Berbahaya                             :     -   Kisah suatu kaluarga
-       Cermat dan Tepat
-       Teliti Sebelum Menggunakan
-       Kartu Berjodoh           



BAB VIII
PENDIDIKAN BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL DAN GLOBAL

Pendidkan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global yang diselenggarakan di SDN Banjarsari adalah sebagai berikut :
8.1.       Program Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal
Program Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal adalah membuat Anyaman.
Kelas
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
3
Semester 1
1.    Mengenal pengertian anyaman,Contoh Anyaman dan bahan yang dapat di pakai anyaman
1.1.       Menyebutkan pengertian Anyaman
1.2.       Contoh – contoh Anyaman
1.3.       Menyebutkan bahan – bahan anyaman
Semester 2
2.    Mengenal Fungsi,Kriteria bahan anyaman
2.1.  Menyebutkan Fungsi Anyaman
2.2.   Menyebutkan criteria bahan anyaman yang baik.
4
Semester 1
1.     Mengenal alat dan bagian-bagian pada pembuatan anyaman kertas
1.1.  Menyebutkan Alat-alat untuk membuat anyaman.
1.2.  Menyebutkan kegunaan alat-alat untuk membuat anyaman kertas.
Semester 2
2.    Mengenal motif-motif anyaman kertas
2.1.  Menyebutkan motif-motif anyaman kertas
3.     Menunjukan apresiasi terhadap motif-motif anyaman kertas
3.1.  Menunjukan sikap apresiasi terhadap motif-motif anyaman kertas
5
Semester 1
1.     Membuat pahan dan lungsin sebagai bahan membuat anyaman
1.1.  Membuat pahan dari kertas
1.2.  Membuat lungsin dari kertas
1.3.  Membedakan pahan dan lungsin
Semester 2

2.     Mengidentifikasi langkah-langkah pembuatan anyaman
2.1.  Menyebutkan langkah-langkah pembuatan anyaman
Kelas
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
5

2.2.Membuat rumus anyaman
2.3. Membuat anyaman sederhana
6
Semester 1
1.    Mampu membuat anyaman sesuai dengan motif yang di pilihnya
1.1.  Memilih warna kertas
1.2.  Memilih motif anyaman
1.3.  Menentukan rumus
1.4.  Membuat pahan
1.5.  Membuat lungsin
1.6.  Membuat satu anyaman sesuai dengan motif yang di pilihnya
1.7.  Membuat pigura agar anyaman dapat dipajang di kelas
Semester 2
2.    Mampu membuat hasil karya anyaman yang bermanfaat bagi kehidupan
2.1.  Menyebutkan bahan anyaman yang bermanfaat bagi kehidupan
2.2.  Memilih bahan jamur yang baik
2.3.  Membuat ketupat



8.2.       Program Pendidikan Berbasis Keunggulan Global
Program Pendidikan berbasis keunggulan global adalah Komputer
Kelas
Kompetensi dasar
Uraian Materi
4



Mengenal Bagian-bagian Komputer
-       Mengenal Layar Komputer
-       Mengenal mouse
-       Mengenal key board
-       Mengenal CPU
5
Menghidupkan dan Mematikan Komputer
-       Pasang strum pada bagian-bagian komputer
-       Nyalakan Komputer dengan menekan tombolpower yang ada pada komputer
-       Mematikannya dengan cara meng shot down.
6
Mengetik Huruf dan Angka
-       Pengenalan huruf dan angka yang ada pada key board
-       Mengetik data diri anak dengan benar dengan tuntunana guru
-       Mengenal kembali cara-cara pengetikan
-       Mengenal lebih jauh cara-cara pengetikan yang benar.




BAB IX
NILAI-NILAI DALAM PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA

Nilai – nilai yang dikembangkan dalam pendidikan budaya dan karakter bangsa di identifikasi dari sumber-sumber berikut ini.
9.1.       Agama
Masyarakat Indonesia adalah masyarakat beragama,oleh karena itu kehidupan individu,masyarakat dan bangsa selalu didasari pada ajaran agama dan kepercayaannya. Secara politis kehidupan beragamapun pada nilai yang berdasar dari agama. Atas dasar pertimbangan itu,Maka  nilai-nilai pendidikan budaya karakter bangsa harus didasari pada nilai-nilai dan kaidah yang berasal dari agama.

9.2.       Pancasila
Negara Kesatuan Republik Indonesia di tegakan atas prinsip- prinsip kehidupan kebangsaandan kenegaraan yang disebut Pancasila. Pancasila terdapat pada pembukaan UUD 1945 dan di jabarkan lebih lanjut dalam pasal-pasal yang terdapat dalam UUD 45. Artinya nilai – nilai yang terkandung dalam pancasila menjadi nilai-nilai yang mengatur kehidupan Politik,Hukum,Ekonomi,Kemasyarakatan,Budaya dan Seni. Pendidikan budaya dan karakter bangsa bertujuan mempersiapkan peserta didik menjadi warga Negara yang lebih baik, yaitu warga Negara yang memiliki kemampuan, kemauan, dan menerapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupannya sebagai warga Negara.

9.3.       Budaya
Sebagai suatu kebenaran bahwa tidak ada manusia yang hidup bermasyarakat yang tidak didasari oleh nilai-nilai budaya yang diakui masyarakat itu. Nilai – nilai budaya itu dijadikan dasar dalam pemberian makna terhadap suatu konsep dan arti dalam komunikasi antar anggota masyarakat itu. Posisi budaya yang demikian penting dalam kehidupan Masyarakat mengharuskan budaya menjadi sumber nilai dalam pendidikan budaya dan karakterbangsa.




9.4.       Tujuan Pendidikan Nasional
Sebagai rumusan kualitas yang harus di miliki setiap warga Negara Indonesia dikembangkan dalam berbagai satuan pendidikan diberbagai jenjang dan jalur. Tujuan Pendidikan Nasional memuatberbagai nilai kemanusiaan yang harus dimiliki warga Negara Indonesia. Oleh karena itu Tujuan Pendidikan Nasional adalah sumber yang paling perasinal dalam mengembangkan pendidikan budaya dan karakter bangsa.

Berdasarkan keempat sumber nilai itu,teridentifikasi sejumlah nilai untuk pendidikan budaya dan karakter bangsa sebagai berikut ini :
NILAI
DESKRIPSI
1.         Religius
Sikap dan prilaku yang patuh dalam melaksanakan ajran agama yang dianutnya,toleransi terhaap pelaksanaan ibadah agama lain dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
2.         Jujur
Prilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan,tindakan dan pekerjaan.
3.         Toleransi
Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama,Suku ,etnis,pendapat, sikap dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
4.         Disiplin
Tindakan yang menunjukan prilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
5.         Kerja Keras
Prilaku yang menunjukan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
6.         Kreatif
Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
7.         Mandiri
Sikap dan prilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tuga-tugas.
8.         Demokratis
Cara berpikir,bersikap dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
9.         Rasa Ingin Tahu
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari dilihat dan didengar.
10.     Semangat Kebangsaan
Cara berpikir, bertindak dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan bernegara diatas kepentingan diri dan kelompoknya.
11.     Cinta Tanah Air
Cara berpikir,bertindak dan berbuat yang menunjukan kesetiaan,kepedulian dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa lingkungan fisik,social, budaya,ekonomi dan politik bangsa.
12.      Menghargai Prestasi
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan suatu yang berguna bagi masyarakat dan mengakui serta menghormati keberhasilan orang lain.
13.     Bersahabat/Komunikatif
Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara,bergaul dan bekerja sama dengan orang lain.
14.     Cinta Damai
Sikap, perkataan dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.
15.     Gemar Membaca
Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaanyang memberikan kebajikan bagi dirinya.
16.     Peduli Lingkungan
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam sekitarnya dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
17.     Peduli Sosial
Sikap dan tindakanyang selalu ingin member bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
18.     Tanggung Jawab
Sikap dan prilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya yang seharusnya dilakukan terhadap diri sendiri,masyarakat,lingkungan (alam social dan budaya ) Negara dan Tuhan Yang Maha Esa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar